SimpliciTy, Komputer Khusus Manula

Senin, 08 Maret 2010

stefanus Yugo Hindarto - Okezone

LONDON - Banyak di antara para orang tua berusia 60 tahun ke atas yang masih memiliki semangat untuk belajar, termasuk mengenal dan mengoperasikan komputer dan menyelami dunia maya. Tapi terkadang, komputer yang ada saat ini dianggap terlalu sulit bagi mereka.
Berdasarkan data pemerintah Inggris, setidaknya terdapat enam juta orang berusia di atas 65 tahun yang sama sekali belum pernah bersentuhan dengan computer. Sebab itu pemerintah bekerjasama dengan Wessex Computers mengeluarkan sebuah perangkat computer desktop khusus manula yang diberi nama, SimpliciTy.

perangkat komputer tersebut telah di desain untuk memudahkan para orang tua untuk mengoperasikannya. Dalam komputer tersebut juga terdapat 17 video tutorial untuk memandu menggunakan SimpliciTy. Demikian Diberitakan BBC, Rabu (11/11/2009).

Pada tampilan pertama di layar SimpliciTy yang disebut ?Square One? terdapat enam pilihan, laiknya shortcut, untuk e-mail, browsing internet, dokumen, chatting, video tutorial, dan profil user. Pengguna cukup mengklik kotak-kotak pilihan yang telah disediakan tersebut untuk melakukan aktivitas yang diinginkan. Komputer ini sendiri, menggunakan system operasi Linux.

Menurut Andrew Harrop, Head of Public Policy for Charity Age Concern and Help the Aged, Inggris, upaya untuk mengajak para manula untuk online merupakan hal yang membanggakan.

"Orang tua yang telah pensiun berpotensi menghabiskan ratusan poundsterling tabungannya hanya untuk belanja, jika mereka dapat melakukan aktivitas online setidaknya akan mengurangi kebiasaan mereka berbelanja, dan ini merupakan keuntungan social yang bias didapat," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar