Chrome OS jadi Mangsa Empuk Hacker

Jumat, 16 April 2010


Chrome, OS anyar debutan Google dipastikan akan menjadi incaran hacker di sepanjang tahun 2010 ini. Alasan paling kuat adalah karena Chrome masih tergolong pendatang baru di ranah maya. "Penyerangan Chrome oleh para hacker dipastikan terjadi sebelum peluncuran resminya," tegas Sam Masiello (Direktur manajemen ancaman Mc Afee).
Google sudah mengumumkan kehadiran Chrome pada bulan Juli yang dirilis sebagai open source pada bulan November tahun lalu. Alasan lain hacker menargetkan Chrome OS adalah adanya keterkaitan dengan Hypertext Markup Language (HTML) 5 yang belum mencapai revisi final.
Pembenaman HTML 5 ke dalam OS Chrome nantinya akan mendukung aplikasi web offline. Secara konvensional layanan tersebut dapat membantu pengguna ketika tidak terhubung ke internet. "Saat kita sudah memasuki ranah maya dimana banyak aplikasi internet, maka cybercriminal dapat menyerang pengguna kapan saja, tidak peduli apakah sedang offline maupun online," jelas Masiello. Hal itu didukung pula oleh eXtensile Messaging and Presence Protocol (XMPP) yang menyediakan aplikasi-aplikasi kontrol untuk aplikasi Web. "Pengaruh tersebut juga memungkinkan desentralisasi perintah dan kontrol dari sebuah botnet, jadi proses take-down dari satu ISP atau hosting perusahaan akan berdampak nol," imbuh Masiello.
Sejak Chrome tampil, produk ini sudah memancing banyak peneliti keamanan, hal ini secara tak langsung ikut memancing timbulnya cybercriminal. Hal yang sama sebenarnya terjadi pada Windows Vista dan Windows 7, keduanya diserang sebelum memasuki desain final. (Indah PM)

0 komentar:

Posting Komentar