Server Google = Server Teraman di Dunia

Jumat, 02 April 2010


Banyak server dan data center belum tentu mampu bertahan akibat kehancuran. Seperti kebakaran, gempa bumi dan hal lain yang tidak diduga. Mengingat sebuah server menempatkan banyak data dan ruang server bisa hancur oleh sebuah sebab.

Google mengumumkan teknologi mereka tahan terhadap kehancuran. Rajen Sheth dari senior produk Google mengatakan. Google sedang menyiapkan semua aplikasinya dari Google Apps suite termasuk Gmail, Google Doc, Google Site, Google Calender, Google Talk dan Google Video.

Google merancang sebuah teknik rahasia dimana sistem mereka dapat tetap hidup dan melakukan penyelarasan data ke 2 buah server.

Misalnya setiap aksi atau perubahan di Gmail maka secara cepat akan di replikasi ke 2 data center sekaligus. Bila salah satu data center terjadi masalah, maka Google akan mengambil data dari server cadangan.
Melakukan replikasi data memang tidak mudah, dan biayanya mahal. Misalnya melakukan backup 25GB saja membutuhkan storage dan perawatan pegawai dalam kisaran $150-500 lebih.

Dengan dukungan Google replicator semua data dapat memiliki backup. Sehingga karyawan yang mengunakan Google Gmail mendapatkan data yang aman tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan server dan karyawan IT.

Google memiliki layanan tersebut dan tranfer antar server dapat di replikator dengan cepat ke antar server. Dibandingkan sistem backup dari perusahaan yang harus mengunakan banyak hardware seperti tapi backup, atau mengcopy data setiap hari atau mingguan den
gan sistem NAS.

Goole Apps saat ini dugunakan lebih dari 2 juta member di kalangan bisnis, dan 20 juta user aktif.
dikutip dari : http://www.ketok.com

0 komentar:

Posting Komentar